PENGARUH BAURAN PEMASARAN 4P PADA MINAT BELI IKAN KERING DI UKM BAHAR KELURAHAN OESAPA KOTA KUPANG

Melkianus Teddison Bulan(1*), Patricia Ardia Amil(2), Naharuddin Sri(3),

(1) Politeknik Pertanian Negeri Kupang
(2) Politeknik Pertanian Negeri Kupang
(3) Politeknik Pertanian Negeri Kupang
(*) Corresponding Author

Abstract


This study aimed to analyze the effect of the 4P marketing mix on buying interest in dried fish at UKM Bahar in Oesapa village. The type of research used in this study was quantitative. The population was all consumers who had bought fish at UKM Bahar in Oesapa village at least twice and had an age range of 17–50 years with accidental sampling, and the total sample was 68 people. The data analysis was multiple linear regression. The findings showed that product and promotion variables had a negative and significant effect on consumer buying in­terest, price, and placed variables had a positive and significant impact on con­sumer buying interest, and product variables had a dominant effect on consumer buying interest in dried fish at UKM Bahar in Oesapa village. The implications of this study provided direction for SMEs in Bahar Oesapa village to pay attention to product and promotion factors because both factors negatively influenced consu­mer buying interest. After all, it indicates that the decreasing quality of products and promotions reduced consumer buying interest, so there will be an increase in sales in the future.

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran 4P pada minat beli ikan kering di UKM Bahar kelurahan Oesapa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah semua konsumen yang pernah membeli ikan di UKM Bahar kelurahan Oesapa minimal dua kali dan memiliki kisaran umur 17–50 tahun dengan pengambilan sampel accidental sampling dan total sampel yang digunakan dalam penelitian ada­lah 68 orang. Analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil temuan menunjukkan bahwa variabel produk dan promosi berpengaruh negatif dan signifikan pada minat beli konsumen, vari­abel harga dan tempat berpengaruh positif dan signifikan pada minat beli konsumen, dan variabel produk dominan berpengaruh pada minat beli konsumen ikan kering di UKM Bahar keluraharan Oesapa. Implikasi pe­ne­li­ti­an ini mem­be­ri­kan arahan bagi pihak UKM Bahar kelurahan Oesapa untuk memperhatikan faktor produk dan promosi sebab kedua faktor tersebut memiliki pengaruh negatif terhadap minat beli konsumen karena mengindikasikan bahwa semakin menurunnya kualitas produk dan promosi, maka menurunkan minat beli konsumen, sehingga di masa yang akan datang ada peningkatan penjualan.


Keywords


Produk, harga, tempat, promosi, minat beli, ikan kering

Full Text:

PDF

References


Agustiani, N., & Heriyanto, M. (2023). Pengaruh bauran produk dan strategi promosi terhadap minat beli konsumen pada CV. Maju Bersama Pekanbaru. Jurnla Online Mahasiswa FISIP, l(10): 1–16.

Agustin, K & Komalasari, E. (2020). Analisis pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian pada usaha kecil dan menengah (UKM) di Rattan Handmade Pekanbaru. Jurnal Valuta, 6(2): 97–106.

Alma, B. (2020). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Andayani, L. (2018). Pengaruh produk dan promosi terhadap keputusan pembelian mie instan melalui faktor budaya di kabupaten Lahat. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(1): 33–44.

Angipora, M. P. (2018). Buku dasar-dasar pemasaran. Kota Depok: Raja Grafindo Persada.

Azrulla, M. M, & Suriyok, K. (2022). Pengaruh harga, produk dan tempat terhadap minat beli pelanggan (Studi pada UKM Chicken Shilin Kampung Yadika Bangil), Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 10(1): 1–6. DOI: https://doi.org/10.51747/ecobuss.v10i1.938.

Barung, L., Nahak, R, Clau, V. P., & Duli, M. D. (2022). Pengaruh lokasi usaha terhadap minat beli konsumen. Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(9): 15.814–15.821. DOI: https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i9.14805.

Baskara, Y. (2016). Pengaruh higienis terhadap keputusan pembelian produk sari roti di kecamatan Colomadu. Skripsi. Universitas Widya Dharma Klaten, Jawa Tengah.

Bulan, M. T., & Fawahid, A. (2024). Analisis faktor-faktor yang memengaruhi minat wisatawan berkunjung ke objek wisata bahari pulau gili labak kabupaten sumenep. Jurnal Ekonomi & Bisnis, 5(1): 1–12, DOI: 10.12962/j23373539.v6i1.22245.

Bulan, M. T., & Sukesi, S. (2020). Analysis of the effect of service quality, price, and perceptions of risk online shopping against purchase interest in e-commerce customers PT. Matahari De¬part¬ment Store Tbk Kupang branch. Ekspektra: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 4(1), 45–64. DOI: https://doi.org/10.25139/ekt.v4i1. 2657.

Dama, D. (2016). Analisis faktor-faktor yang memengaruhi minant beli konsumen dalam memilih laptop acer di toko lestari Komputer Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisien, 16(1): 503 – 514.

Ferdinand, A. (2014). Metode penelitian manajemen. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2021). Partial least squares konsep, teknik dan aplikasi menggunakan program SmartPLS 3.0 untuk penelitian empiris Edisi.3. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.

Harita, E. (2022). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen di UD. Rendah hati kecamatan Telukdalam. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Nias Selatan, 5(2):125–132.

Hidayat, T. (2020). Analisis pengaruh produk, harga, promosi, dan lokasi terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ilmu Manajemen, 17(2): 95 – 105.

Hikmah. (2018). Pengaruh rasio profitabilitas terhadap harga saham perusahaan sub sektor minyak dan gas bumi yang terdaftar di BEI. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2(1), 56–72.

Husain, N., Karundeng, D. R., & Suyanto, M. A. (2021). Analisis lokasi, potongan harga, display produk dan kualitas produk terhadap minat beli pada Alfamart Kayubulan. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 10(1), 63–85. DOI: https://doi.org/10.47668/pkwu.v10i1.332.

Hutabarat, E. (2017). Analisis strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan motor Suzuki Satria Fu pada PT. Sunindo Varia Motor Gemilang Medan. Jurnal Ilmiah Methonomi, 3(1), 112–121.

Kotler, P. (2019). Manajemen pemasaran. Jakarta: Prenhalindo.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2022). Manajemen pemasaran jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Ramadhan B. S., Muhammad Y., & Maniza L. H. (2023). Analysis of the influence of marketing mix on consumer interest to do repurchase at panyawangan resto Lombok. Jurnal of Applied Business and Banking, 4(2): 77 – 95.

Riyanto, R. P. (2015). Pengaruh brand image, promosi dan distribusi pada keputusan pembelian sepeda motor honda vario. Skripsi. Universitas Negeri Semarang, Jawa Tengah.

Sari, N. K. Y. P., Pantiyasa, I. W. & Suwintari, I. G. A. E. (2023). Pengaruh harga dan promosi terhadap minat beli konsumen di Mercure Bali Legian. Jurnal Pariwisata dan Bisnis, 2(2):569–581. DOI: https://dx.doi.org/10.22334/paris.v2i2.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.

Tjiptono, F. (2019). Pemasaran jasa edisi terbaru. Yogyakarta: Penerbit. Andi.

Tolan, M.S., Pelleng, F.A.O., & Punuindoong, A.Y. (2021). Pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian di online Shop Mita (Studi pada masyarakat kecamatan Wanea kelurahan Karombasan Selatan Lingkungan IV kota Manado. Jurnal productivity, 2(5): 360–364.

Trihantoro D., & Hadi, D.P. (2023). Pengaruh marketing mix terhadap keputusan pembelian produk ikan asap di kecamatan Patebon Kendal. Jurnal Spirit Edukasia, 3(1): 119–127.

Tsaniya, R. & Telagawathi, N.L.W.S. (2022). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap minat beli konsumen di Kedai Kopi Nau Kecamatan Seririt. Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata, 5(1): 32–39. DOI: https://doi.org/10.23887/jmpp.v5i1.34390.




DOI: https://doi.org/10.38076/ideijeb.v5i2.257

Article Metrics

Abstract view : 63 times
PDF - 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.