ANALISIS PERIKLANAN DAN SUKU BUNGA TABUNGAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA PT BANK SUMUT
(1) Universitas Tjut Nyak Dhien, Medan
(*) Corresponding Author
Abstract
The development of increasingly modern banking and payment technology demands high capability in the banking world in confronting public funds. Banks must establish a good image and quality of serviced to maintain sustainable customer trust. Continuing trust will form customer loyalty to the bank. This research aimed to describe the effect of advertising and savings interest rates on the level of customer loyalty saving Bank Sumut. The population of this study was the number of customers at Bank Sumut which cannot be known certainly. The sample used in this study amounted to 100 customers. Data collection used a questionnaire with a Likert scale test and had fulfilled the reliability and validity test requirements. Data were analyzed used the ordinary least squares (OLS) method. The results showed that the advertising variable had a positive and significant effect on the level of customer loyalty. The savings interest rate variable had a positive and significant effect on the customer loyalty. The saving interest rate variable had a greater influence on the customer loyalty compared to the advertising variable.
Perkembangan teknologi perbankan dan pembayaran semakin modern menuntut kapabilitas tinggi dunia perbankan mengonfrontasikan dana masyarakat. Bank harus membentuk citra dan kualitas pelayanan yang baik untuk mempertahankan kepercayaan nasabah berkesinambungan. Kepercayaan yang berkesinambungan akan membentuk loyalitas nasabah terhadap bank tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh periklanan dan suku bunga tabungan terhadap tingkat loyalitas nasabah menabung di Bank Sumut. Populasi penelitian ini adalah nasabah Bank Sumut yang tidak dapat diketahui pasti. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 orang nasabah. Penghimpunan data menggunakan kuesioner dengan pengujian skala likert dan telah memenuhi syarat uji reliabilitas dan validitas. Data dianalisis menggunakan metode ordinary least square (OLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel periklanan berpengaruh positif dan signifikan pada tingkat loyalitas nasabah. Variabel tingkat suku bunga tabungan berpengaruh positif dan signifikan pada loyalitas nasabah. Variabel tingkat suku bunga tabungan memberikan pengaruh yang lebih besar pada loyalitas nasabah dibandingkan dengan variabel periklanan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ainun Jariah. 2013. “Analisis Suku Bunga Kredit Dan Kualitas Pelayanan.” Jurnal Wiga 3 (2): 1–19.
Ananda, Candra Fajri. 2022. “Perbankan Dan Derap Perekonomian.” Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. 2022. https://feb.ub.ac.id/perbankan-dan-derap-perekonomian.html.
BSI. 2021. “Laporan Tahunan 2021: Energi Baru Untuk Indonesia.” PT Bank Syariah Indonesia, Tbk., 142.
Budisantoso, Totok, and Nuritomo. 2020. Bank Dan Lembaga Keuangan Lain. Edisi 3. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Feranika, Vega. 2020. “Persepsi Mahasiswa Dalam Berbelanja Online Melalui Marketplace Shopee ( Study Kasus Mahasiswa Program Study Manajemen Bisnis Syari`ah Fakultas Ekonomi Bisnis Islam Institue Agama Islam Negeri Kudus Angkatan 2016).” STAIN Kudus Repository. STAIN Kudus. http://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/moluccamed.
Fitri, Maltuf. 2016. “Peran Dana Pihak Ketiga Dalam Kinerja Lembaga Pembiayaan Syariah Dan Faktor-Faktor Yang Memengaruhinya.” Economica: Jurnal Ekonomi Islam 7 (1): 73–95. https://doi.org/10.21580/economica.2016.7.1.1033.
Kasmir. 2014. Bank Dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: Rajawali Pers.
Koyong, Melka Dodai, Sontje Sumakyu, and Jhony Kalangi. 2017. “Pengaruh Promosi Terhadap Loyalitas Nasabah Di Pt. Bank Mandiri Kantor Cabang Dotulolong Lasut Manado.” Jurnal Administrasi Bisnis 1 (1): 25–31.
Marlyna, M. 2021. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan Dan Tingkat Suku Bunga Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT Bank Panin, Tbk. Di Kota Batam.” Universitas Putera Batam. http://repository.upbatam.ac.id/722/.
Mierna, Zulkarnain, and Audelia Morini. 2022. “Analisis Pengaruh Tingkat Suku Bunga Dan Proses Administrasi Kredit Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Pt. Bank Mandiri (Persero) Medan.” Jurnal Manajemen 16 (4): 645–53. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf.
Mujaddid, Fajar, and Pandu Tezar Adi Nugroho. 2019. “Pengaruh Pengetahuan, Reputasi, Lingkungan Dan Religiusitas Terhadap Minat Pelajar Sekolah Menengah Kejuruan Prodi Perbankan Syariah Dalam Menabung Di Bank Syariah.” Jurnal Ekonomi Islam 10 (1): 14–37.
Nawang Sigit, Kharisma, Muhammad Syamsul Rizal, and Arina Hidayati. 2020. “Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah.” Jurnal Ekonomikadan Bisnis 7 (1): 2–16.
Nirwana, Intan. 2021. “Pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK) Dan Pembiayaan Terhadap Pendapatan Pada Bank Muamalat Indonesia.” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents. IAIN Batusangkar.
Niza, Tarwiyatun. 2017. “Pengaruh Persepsi, Citra Merek, Dan Periklanan Terhadap Minat Nasabah Menabung Di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Ngunut Tulungagung.” IAIN Tulungagung. http://repo.uinsatu.ac.id/4620/.
Nughroho, robertus andy, Nawazirul Lubis, and Apriatni EP. 2017. “Pengaruh Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Menabung Tabungan Simpedes Di PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Tbk. Cabang Semarang Pattimura.” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis UNDIP. https://www.neliti.com/id/publications/99532/pengaruh-produk-dan-promosi-terhadap-keputusan-menabung-tabungan-simpedes-di-pt.
Oktariani, Anggi. 2016. “Pengaruh Produk, Lokasi, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank Sumsel Babel Syari’ah Kcp Uin Raden Fatah Palembang.” UIN Raden Fatah Palembang. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf.
Ortega, Daniel, and Anas Alhifni. 2017. “Pengaruh Media Promosi Perbankan Syariah Terhadap Minat Menabung Masyarakat Di Bank Syariah.” Jurnal Ekonomi Syariah 5 (1): 87–98.
Poluan, Jane, Genita Lumintang, and Victoria Untu. 2016. “Pengaruh Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Coca Cola (Studi Kasus Pada Pt. Bangun Wenang Beverage Company Manado).” Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 4 (3): 671–81.
Purwanto, Purwanto. 2019. “Analisis Perbandingan Antara Tingkat Kesehatan Bank Pembangunan Daerah Dengan Bank Umum Lainnya.” Jurnal AKTUAL 17 (1): 1. https://doi.org/10.47232/aktual.v17i1.28.
Rahayu, Rizky Indah. 2020. “Studi Komparatif Antara Sistem Bagi Hasil Dan Sistem Bunga Terhadap Peningkatan Loyalitas Nasabah Dalam Perbankan.” Masharif Al-Syariah 5 (2): 119–26.
Rouf, A, F Masruroh, M Mashuri, and ... 2021. “Analisis Pengaruh Advertising Dan Personal Selling Terhadap Keputusan Menabung Nasabah.” KABILAH: Journal of … 6 (2): 154–63. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/kabilah/article/view/5410.
Sinambela, Lijan P, and Sarton Sinambela. 2021. Metodologi Penelitian Kuantitatif (Teoritik Dan Praktik). Depok: Rajawali Pers.
Sudaryono. 2017. Metodologi Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, Dan Mix Method). Kedua. Depok: Rajagrafindo Persada.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian (Kuantitif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sumadi, Sumadi, and Euis Soliha. 2015. “The Effect of Bank Image and Trust on Loyality Mediated By Customer Satisfaction.” Jurnal Dinamika Manajemen 6 (2): 121–32. https://doi.org/10.15294/jdm.v6i2.4301.
Suparwi, Suparno, and Herman Hendri. 2022. “Pengaruh Tingkat Suku Bunga , Kualitas Pelayanan , Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Perkreditan Rakyat Central Kepri.” Jurnal Sains Sosio Humaniora 6 (10): 506–18.
Susanti, Hevi; Ernawati, Yeni. 2020. “Analisis Tingkat Suku Bunga Tabungan Dan Pendapatan Masyarakat Terhadap Minat Menabung Di PT. Bpr Bhapertim Persada Cabang Mojoagung.” EBA 7 (2): 1–11.
Syamsudin, Annas Thohir. 2020. “Analisis Pengaruh Komunikasi Pemasaran, Kepercayaan Dan Penanganan Keluhan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Di Pt. Bpr Syari’ah Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo (Perspektif Nasabah).” Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
DOI: https://doi.org/10.38076/ideijeb.v4i1.143
Article Metrics
Abstract view : 127 timesPDF - 6 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.