PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP MINAT MASYARAKAT DALAM PENGAJUAN KREDIT DI BANK JATIM CABANG UTAMA SURABAYA

Akhtar Ali Khan(1*),

(1) Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dr Soetomo
(*) Corresponding Author

Abstract


The development of the banking system as a financial institution in Indonesia benefits the Indonesian economy. At present such a broad market share provides easy expansion for banking development businesses in Indonesia. This study was designed to examine whether the marketing mix of public interest in credit applications at the Bank of Jatim Main Branch of Surabaya. The sample used was customer of the Bank of Jatim Main Branch of Surabaya, as many as 100 people. The data needed was collected by questionnaire. The data analysis method used was multiple regression analysis able to determine the effect between variables. The results of the study showed that the marketing mix had a significant effect on people's interest in applying for credit at the Bank of Jatim Main Branch of Surabaya.

 

Perkembangan sistem perbankan sebagai lembaga keuangan di Indonesia memberikan manfaat bagi perekonomian Indonesia. Saat ini pangsa pasar yang begitu luas memberikan kemudahan bagi pengembangan bisnis perbankan di Indonesia. Penelitian ini dirancang untuk mengkaji apakah bauran pemasaran minat masyarakat dalam pengajuan kredit pada Bank Jatim Cabang Utama Surabaya. Sampel yang digunakan adalah nasabah Bank Jatim Cabang Utama Surabaya sebanyak 100 orang. Data yang dibutuhkan dikumpulkan dengan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda yang dapat mengetahui pengaruh antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran berpengaruh signifikan terhadap minat masyarakat dalam mengajukan kredit pada Bank Jatim Cabang Utama Surabaya.


Keywords


Marketing mix, public interest, credit applications (Bauran pemasaran, kepentingan umum, aplikasi kredit)

Full Text:

PDF

References


Afifuddin.2015. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung : Pustaka Setia.

Afriatul Isnaini, Siti Fatkhatin. 2015. Pengaruh Orientasi dan Penempatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Industri Kulit PT. Kasin Malang. Jurnal EMBA, Vol.1 No. 2

Alfia Qorizah, 2019.Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Nasabah Mengambil KPR Syariah Bank Jatim Syariah Surabaya, Jurnal Ekonomi Islam, Volume 2 Nomor 2, Halaman 149-161

Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Beatric M.J. Kondoy, Bernhard Tewal, Frederik Worang, 2016. Bauran pemasaran dan pengaruhnya terhadap keputusan menjadi nasabah Di BPR Prisma Dana Manado. Jurnal EMBA, Vol. 4 No.4 Desember 2016, Hal. 1025 - 1036

David. F. R. 2011. Manajemen Strategi: Konsep-Konsep. Edisi Kesembilan. PT. Indeks. Jakarta.

Doni Marlius, 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Minat Nasabah Dalam Menabung Pada Bank Nagari Cabang Muaralabuh, Jurmak, Vol.03. No. 01, April 2016: 12-22.

Evelyn Wijaya dan Puspa Marantika Ariyanti, 2018. Pengaruh Service Marketing Mix Terhadap Keputusan Nasabah Untuk Menabung Pada PT. Bank Mayapada Internasional Tbk Cabang A. Yani Pekanbaru, Journal of Economic, Business and Accounting (COSTING) Volume 1 No 2, Juni 2018.

Griffin, Jill, (2002), Customer Loyalty, Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan, Erlangga, Jakarta

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Jogiyanto, 2007. Sistem Informasi Keperilakuan. Edisi Revisi. Yogyakarta: AndiOffset

Kasmir, 2011, “Analisis Laporan Keuangan”, Raja Grafindo Persada:Jakarta.

Kasmir. (2014). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Edisi Revisi, Cetakan Keempat belas, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition,Pearson Education,Inc

Kotler, Philip & Gerry Armstrong, (2014): Principle Of Marketing, 15th edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall.

Kotler, Philip & Gerry Armstrong, (2015), Marketing an Introducing Prentice Hall twelfth Edition, England : Pearson Education, Inc.

Lupioadi Rambat, Hamdani. A. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat. Jakarta

Rangkuti, Freddy. 2013. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Ratih Devi, Andi Sularso, dan Arie Subagio, 2014. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Dan Kepuasan Nasabah Dalam Pengambilan Kredit PT.Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Jember, Artikel Ilmiah Mahasiwa Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Jember (UNEJ)

Saraswati dan Baridwan, Zaki. 2013. Penerimaan Sistem E-Commerce: Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Manfaat dan Persepsi Risiko. JIMFEB.Volume 1. Nomor 2.

Setiyaningrum. (2015) Manajemen Pemasaran Bank. Jakarta: Penerbit Erlangga

Slameto. 1995. Belajar Dan Factor-faktor Yang Mempengaruhinya (Jakarta : Rinekacipta). Edisi revisi

Sunyoto, Danang. 2016. Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT Refika Aditama.

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi.

https://ekonomi.bisnis.com/read/20190109/12/876943/kontribusi-umkm-terhadap-pdb-2019-diproyeksi-tumbuh-5




DOI: https://doi.org/10.38076/ideijeb.v1i1.5

Article Metrics

Abstract view : 518 times
PDF - 128 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.