PERPINDAHAN MEREK AKIBAT KETIDAKPUASAN KONSUMEN DALAM PEMILIHAN PRODUK SMARTPHONE
(1) Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN Veteran Jatim
(2) Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN Veteran Jatim
(*) Corresponding Author
Abstract
This research was motivated by a decrease in sales and market share of An-droid smartphones in a certain period that identified the phenomenon of the shift of smartphone users with certain brands that have Android operating system to other brands of smartphones with other operating systems. The purpose of this study was to determine the effect of product attributes, consumer dissatisfaction, and Brand Image and price perception on the shift of the Xiaomi Android smartphone brand to other Samatphone. The population in this study was the Xiaomi user at WTC (World Trade Center) Surabaya. Sampling in this study used the nonprobability sampling method with purposive sampling technique. The statistical analysis method used was the analysis technique Partial Least Sqaure. The results of the analysis showed that consumer dissatisfaction had a positive and significant influence on brand switching. Brand Image had a significant and significant influence on brand switching. Price perception had a negative but not significant effect on brand switching.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penurunan penjualan dan pangsa pasar smartphone Android pada periode tertentu yang mengidentifikasi fenomena pergeseran pengguna smartphone dengan merek tertentu yang memiliki sistem operasi Android ke smartphone merek lain dengan sistem operasi lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh atribut produk, ketidakpuasan konsumen, dan citra merek, dan persepsi harga terhadap pergeseran merek smartphone Android Xiaomi ke smartphone lain. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna Xiaomi di WTC (World Trade Center) Surabaya. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Metode analisis statistik yang digunakan adalah teknik analisis Partial Least Square. Hasil analisis menunjukkan bahwa ketidakpuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap perpindahan merek. Citra merek memiliki pengaruh yang signifikan dan signifikan terhadap perpindahan merek. Persepsi harga berpengaruh negatif, tetapi tidak signifikan terhadap peralihan merek.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aaker, D. A. (1991). Managing brand equity: Capitalizing on the value of a brand name. New York, NY: The Free Press.
Arikunto. (2015). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Candra, J. (2014). Pengaruh Faktor Promosi, Kualitas Produk, dan Ketidakpuasan Terhadap Perpindahan Merek. Jurnal Ilmu Manajemen, 2(3), 857–867.
Dharmmesta, B. S. (2002). Perilaku beralih merek konsumen dalam pembelian produk otomotif. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, 17(3), 288–303.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi analisis multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hawkins, D. I., & Mothersbaugh, D. L. (2010). Consumer behavior: Building marketing strategy. 11th Edition. New York, NY: McGraw-Hill, Irwin.
Indarwati, Y., & Untarini, N. (2017). Pengaruh ketidakpuasan terhadap keputusan perpindahan merek dengan kebutuhan mencari variasi sebagai variabel moderasi (Studi pada pengguna smartphone yang pernah melakukan perpindahan merek di Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1), 1–11.
International Data Corporation. (2019). Smartphone market share. https://www.idc.com/promo/smar tphone-market-share/vendor
Kotler, P. (2002). Manajemen pemasaran. Edisi Milenium 1. Jakarta: PT. Prenhallindo.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen pemasaran. Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.
-------------------------------. (2016). Marketing management. 15th Edition. New Jersey, NJ: Pearson Prentice Hall, Inc.
kelebihan dan kelemahan HP Xiaomi harga murah dengan spesifikasi canggih. (2019, Jan 9). Liputan6. https://www.liputan6.com/tekno/read/3866994/10-kelebihan-dan-kelemahan-hp-xia omi-harga-murah-dengan-spesifikasi-canggih.
Nuromavita, I., & Soliha, E. (2016). Pengaruh ketidakpuasan konsumen, citra merek dan persepsi harga terhadap perpindahan merek sepeda motor Yamaha ke Honda. Prosiding Seminar Nasio-nal Multi Disiplin Ilmu Unisbank 2016, Semarang, Indonesia, July 2016, Stikubank University.
Pelupessy, S. J., Wardana, I. M., & Suprapti, N. W. S. (2017). Peran brand image dalam memediasi pengaruh WOM terhadap switching intention ke produk smartphone merek Samsung Di Denpasar. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 6(5), 1939–1966.
Peter, J. P., & Olson, J. C. (2014). Consumer behavior & marketing strategy. 9th Ed. New York, NY: McGraw-Hill Education.
Radamuri, G., Farida, N., & Dewi, R. S. (2013). Pengaruh citra merek, word of mouth, dan iklan terhadap keputusan perpindahan merek. Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, 2(3), 380–386.
Rangkuti, F. (2008). The power of brands. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Schiffman & Kanuk. (2007). Perilaku konsumen. Edisi Kedua. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.
Setiawan, H., Minarsih, M. M., & Fathoni, A. (2016). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap kepuasan nasabah dan loyalitas nasabah dengan kepuasan sebagai variabel intervening (Studi kasus pada nasabah Koperasi Rejo Agung Sukses Cabang Ngaliyan). Jurnal of Management, 2(2).
Silalahi, U. (2015). Metode penelitian sosial kuantitatif. Bandung: PT. Refika Aditama.
DOI: https://doi.org/10.38076/ideijeb.v2i1.56
Article Metrics
Abstract view : 725 timesPDF - 362 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.