PENGARUH TEAMWORK DAN PENGHARGAAN PADA KINERJA KARYAWAN HOTEL BINTANG TIGA DI SURABAYA
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
The objective of this study was to identify and analyze the influence of teamwork and rewards on employee performance. The research sample were 100 respondents from a population of 134 employees of three stars hotel in Surabaya. The results were teamwork and rewards affected employee performance positively and significant and rewards had a dominant influence to performance of the three stars hotel in Surabaya employees.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganilisis pengaruh teamwork dan penghargaan pada kinerja karyawan. Sampel penelitian adalah 100 responden dari populasi sebanyak 134 karyawan hotel bintang tiga di Surabaya. Hasil penelitian ini ialah teamwork dan penghargaan berpengaruh positif dan signifikan pada kinerja karyawan dan variabel penghargaan memiliki pengaruh dominan pada kinerja karyawan hotel bintang tiga di Surabaya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alexander, A. Jean. (2004). Strategi Membangun Tim Tangguh, cetakan Pertama, Jakarta : penerbit Prestasi Pustaka Publisher.
Algifari. (1997). Analisis Ststistik Untuk Bisnis, Edisi pertama, Yogyakarta : BPFE.
Arizona, R. (2017). Peran Team Work Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja karyawan Pada Pt. Asuransi Sinarmas Cabang Malang, Jurnal Aplikasi Administrasi, Vol. 20 No. 1 Mei 2017, Malang: STIE Indonesia Malang. 52-60
Bell, S.T. 2007. Deep-Level Composition Variable as Predictors of Team Performance: Meta- Analysis. Journal of applied psychology, 92:595-615.
Dewi Rahmiati dan R. Agus Baktiono. (2015). Pengaruh Daya Saing Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ikan Kaleng (Sardines) Merek Maya, Jurnal Manajemen Kinerja, Vo. 1 No. 2, Surabaya : Universitas Narotama. 136-149
Dessler, Gary. (1997). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jilid 2, Jakarta, PT. Prehallindo.
Ghozali, Imam. (2005). Aplikasi Multivariate dengan Program SPSS, Edisi Kedua, Semarang : Universitas Diponegoro.
Goetsch, D.L. dan Davis, S. (2002). Introduction to Total Quality : Quality, Productivity, Competitiveness, Englewood Cliffs, NJ : Pretince-Hall International Inc.
Handoko, Hani. (2000). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, cetakan Pertama, Yogyakarta, Liberty.
Husein Umar, 2002. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Kearney, Eric, Gebert, Diether, Voelpel, Sven C. (2009). When and How Diversity Benefits Teams: The Importance of Team Members Need for Cognition, Academy of Management Journal, 52(3), p581-598.
Mangkunegara, Anwar Prabu. (2005). Evaluasi inerja SDM. Bandung: Refika Aditama.
Mangkunegara, Anwar Prabu. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Manullang, (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia, cetakan Pertama, Yogyakarta : BPFE.
Moekijat. (2002.) Dasar-dasar Motivasi, Jakarta, CV. Pionir Jaya
Mulyadi dan Setyawan Jhony. (1999). Sistem Perencanaan Dan Pengendalian Manajemen : Sistem Pelipat Ganda Kinerja Perusahaan, Edisi 1, Cetakan Kesatu, penerbit Aditya Media, Yogyakarta.
Nazir, Mohammad. (1999). Metode Penelitian, Cetakan Ketiga, Penerbit Ghalia, Indonesia.
Nitisemito, Alex, S. (1996). Manajemen Personalia : Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Ketiga, Ghalia Indonesia.
Pokras, Sandy. (2004). Building High Performance Team : Membangun Tim Berkinerja Tinggi, Jakarta : PT. Elexmedia Komputindo.
Panggabean, Mutiara. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Kedua, Jakarta : Ghalia Indonesia.
Putu Panca Adi Pratiwi Indah, dkk. (2019). Pengaruh Sistem Penghargaan (Reward) Terhadap Kinerja Trainee Di Hotel Holiday Inn Resort Baruna Bali, Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata (JMPP), Vo. 2 No. 1, Bali : Universitas Pendidikan Ganesha.41-54
Ratnaningsih, Dewi dan Jogiyanto Hartono. (2001). Conflict of Interest Problem in The Management-Controlled Firms, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, Vo. 16 No. 1, Yogyakarta : Gajah Mada Universitas Press.
Robert L. Mathis dan John H. Jackson. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Kesepuluh, Jakarta : Salemba Empat.
Retno Kurnianingsih dan Nur Indriantoro. (2001). Pengaruh Sistem Pengukuran Kinerja dan Sistem Penghargaan terhadap Keefektifan Penerangan Teknik Total Quality Management (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur di Indonesia), Jurnal Riset Akuntansi Indonesia (JRAI), Vol. 4, No. 1
Sedarmayanti. (2001). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja, Cetakan Kedua, Bandung : Mandar Maju.
Siagian, Sondang. (2002). Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja, Edisi Pertama, Jakarta : Rineka Cipta.
Simamora, Henry. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Kedua, Cetakan Ketiga, Yogyakarta : STIE YKPN.
Siswanto, Bedjo. (2003). Manajemen Tenaga Kerja, Indonesia, edisi Kedua, Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Sudrajat. (1998). Pemasaran Strategis, Terjemahan, Jilid 2, Edisi Keempat, Jakarta : Erlangga.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Bisnis, Cetakan Kesepuluh, Bandung : Alfabeta.
Supranto, J.,M.M. (1997). Statistik : Teori dan Aplikasi, Edisi Kelima, Jakarta : Erlangga.
Umar, Husein. (2002). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, Edisi Kedua, Jakarta : PT. Gramedia.
Utaminingsih, Arni. (2002). Sumber Daya Manusia : Faktor Strategis Terwujudnya High Performance Work Teams, Universitas Andalas.
Widayat. (2004). Metode Penelitian Pemasaran, Edisi Pertama, Penerbit Universitas Muhammadiyah Malang.
Yunizel. (1997). Optimasi Peran Team work sebagai Basis Persaingan, Usahawan No. 05 Th. IXX Desember 1997, Lembaga Manajemen Fakultas Ekonomi. Universitas Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.38076/ideijeb.v2i2.63
Article Metrics
Abstract view : 307 timesPDF - 268 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.