STRATEGI REKRUTMEN DALAM PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN MEDIA PERS INDONESIA

Muhammad Alkirom Wildan(1*), Ahmad Mustain Saleh(2), Mochamad Ali Imron(3),

(1) Management Department, Universitas Trunojoyo Madura, 69162 Jawa Timur, Indonesia
(2) Management Department, Universitas Trunojoyo Madura, 69162 Jawa Timur, Indonesia
(3) Jurusan Ilmu Ekonomi, Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Universitas Islam Indonesia 55283, Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


The role of a qualified workforce is able to influence the level of performance of a company. With the high mobility of employees in the Press Media in Indonesia, factors in the recruitment and selection process of employees are also considered very important to know the value of employee performance. Seven criteria (seven criteria) that can be used as guidelines in the employee recruitment process include competence, ability, compatibility, commitment, character, culture, and compensation. This study used a qualitative approach with a combination of secondary data and in-depth observations and interviews with four informants from the editorial and non-editorial departments. The recruitment of Indonesian Press Media was carried out openly and in accordance with SOP with criteria that were only based on educational background, ability and commitment. The company had not applied all 7C criteria in the recruitment of prospective new employees. The management was of the opinion that the promotion strategy was not only based on merit but also needed to be taken into account by the length of service in the company. While according to the employee was work performance. Media Press Indonesia did not have clear concepts, instruments, and indicators, or standards for the recruitment of prospective employees and changes in career or employee positions.

 

Peran tenaga kerja yang berkualitas mampu mempengaruhi tingkat kinerja suatu perusahaan. Dengan tingginya mobilitas pegawai di Media Pers di Indonesia, faktor dalam proses rekrutmen dan seleksi pegawai juga dinilai sangat penting untuk mengetahui nilai kinerja pegawai. Tujuh kriteria (tujuh kriteria) yang dapat dijadikan pedoman dalam proses rekrutmen pegawai meliputi kompetensi, kemampuan, kecocokan, komitmen, karakter, budaya, dan kompensasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan kombinasi data sekunder dan observasi mendalam serta wawancara dengan empat informan dari bagian redaksi dan non redaksi. Rekrutmen Media Pers Indonesia dilakukan secara terbuka dan sesuai SOP dengan kriteria hanya berdasarkan latar belakang pendidikan, kemampuan dan komitmen. Perusahaan belum menerapkan seluruh kriteria 7C dalam rekrutmen calon karyawan baru. Manajemen menilai, strategi promosi tidak hanya berdasarkan merit tetapi juga perlu diperhitungkan dengan lamanya masa kerja di perusahaan. Menurut karyawan adalah prestasi kerja. Media Press Indonesia tidak memiliki konsep, instrumen, dan indikator, atau standar yang jelas dalam rekrutmen calon pegawai dan perubahan karir atau jabatan pegawai.


Keywords


Employee performance, recruitment, ability (Kinerja karyawan, rekrutmen, kemampuan)

Full Text:

PDF

References


Afrizal. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Dhermawan, A.Bagus. (2012). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Kerja, Kompetensi, dan Kompensasi terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kantor Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bali. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, dan Kewirausahaan, 6 (2).

Hall, Alan.E. (2012). The 7 C’s of Effective Hiring, Amerika Serikat: Grow America Ventures.

Handoko, T.Hani, 2001. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Edisi Kedua, Yogyakarta: BPFE.

Habibi, Beni. (2010). Budaya Organisasi, Kompensasi dan ompetensi Pedagogik serta Pengaruhnya terhadap Kinerja Guru. Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP-Universitas Pancasila.

Hasibuan, Malayu S.P. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Irawan, Prasetya, (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: STIA-LAN Press.

Ivancevich, John.M. (2001). Human Resource Management, 8th Edition, New York: McGraw Hill.

Mangkunegara, A.Prabu. (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Cetakan Keenam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Mathis, Robert. L dan Jackson John. H (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jilid 1, Jakarta: Salemba Empat.

Moleong, Lexy. J. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mondy, R Wayne. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jilid 1, Jakarta: Erlangga.

Muchlas, Makmuri. (2005). Perilaku Organisasi, Cetakan Pertama. Yogyakarta: Gadjah Mada University Pers.

Muljani, Ninuk. (2002). Kompensasi sebagai Motivator untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 4 (2): 108-122.

Murty, W Aprilia dan Hudiwinarsih, G. (2012). Pengaruh Kompensasi, Motivasi dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Karyawan Bagian Akutansi. The Indonesian Accounting Review, 2 (2): 215-228.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2009). Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: Rineka Cipta.

Rivai, V dan Basri, A.F. (2005). Performance Appraisal Sistem yang Tepat Untuk Menilai Karyawan dan Meningkatkan Daya Saing Perusahaan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Robbins, Stephen P. (2007), Perilaku Organisasi, Edisi Bahasa Indonesia, Jakarta: Prinhalindo.

Roger, Everett, M. (1993). Diffusion of Innovations, New York: The Free Press.

Romel, Dian. (2008). Pengaruh Karakteristik Individu terhadap Kepuasan Kerja dan Implikasinya pada Kinerja Karyawan di Unikom. Unpublished Undergraduate thesis, Jakarta: Universitas Komputer Indonesia.

Rosidah. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Schuler, R dan Jackson, E. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Erlangga.

Sedarmayanti. (2001). Sumber Daya Manusia Dan Produktifitas Kerja. Bandung: Mandar Maju.

Siagian, P Sondang. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Simamora, Henry. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: STIE YKPN.

Sinaga, A dan Hadiati, S, (2001). Pemberdayaan Sumber Daya Manusia, Jakarta: Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia.

Soedjono. (2005). Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kinerja Organisasi dan Kepuasan Kerja Karyawan pada Terminal Penumpang Umum di Surabaya. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 7 (1).

Stevani, Melisa dan Santoso, Gita. (2014). Analisis Pengaruh Kemampuan Komunikasi dan Kemampuan Beradaptasi terhadap Kinerja Karyawan di Celebrity Fitness Galaxy Mall. Unpublished Undergraduate thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Sutrisno, Edy. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiono. (2003). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan ke-19. Bandung: CV ALFABETA.

Triguno. (2003). Menciptakan Lingkungan Yang Kondusif Untuk Meningkatkan Produktifitas Kerja. Jakarta: PT Golden Terayon Press.

Umam, K. (2010). Perilaku Organisasi, Bandung: Pustaka Setia.

Yullyanti, Ellyta. (2009). Analisis Proses Rekrutmen dan Seleksi pada Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, 16 (3): 131-139.

Yunus, Eddy. (2012). Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia terhadap Kinerja Pegawai KPPBC Tipe Madya Pabean Tanjung Perak Surabaya. Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 16 (3): 368-387.




DOI: https://doi.org/10.38076/ideijeb.v1i1.7

Article Metrics

Abstract view : 1402 times
PDF - 977 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.