PENGARUH KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA, DAN CITRA MEREK PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DETTOL HAND SANITIZER

Veshela Annesa Dewi Nawangwulan(1*), Armaini Akhirson(2),

(1) Universitas Gunadarma, Depok
(2) Universitas Gunadarma, Depok
(*) Corresponding Author

Abstract


The Covid-19 pandemic has changed habits and made people aware of maintaining hand hygiene using hand sanitizers and maintaining a healthy body indirectly to minimize and prevent transmission of Covid-19. The purpose of this study was to determine and ana­lyze the effect of product quality, price perception, and brand image bought decisions for Dettol hand sanitizer during the Covid-19 pandemic era. The analytical method in this study used multiple linear regression analysis. This study distributed questionnaires from 100 res­pon­dents who were students year 2018 of the Management Department, Faculty of Eco­no­mics, Gunadarma University in the Kalimalang campus. The sampling method uses pur­po­sive sampling and used the Slovin formula. The results of the research showed that product quality and brand image had an effect on the decision to purchase Dettol hand sanitizer in the Covid-19 pandemic era, while price perceptions did not affect the decision to purchase Dettol hand sanitizer products and product quality, price perceptions, and brand image had a significant effect to bought decisions for Dettol hand sanitizer in the era of the Covid-19 pandemic.

 

Pandemi Covid-19 mengubah kebiasaan dan menyadarkan masyarakat untuk menjaga kebersihan tangan dengan menggunakan hand sanitizer dan menjaga kesehatan tubuh secara tidak langsung untuk meminimalisir dan mencegah tertularnya Covid-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk, persepsi harga, dan citra merek pada keputusan pembelian produk Dettol hand sanitizer di era pandemi Covid-19. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Pe­ne­li­tian ini melakukan penyebaran kuesioner dari 100 responden yaitu mahasiswa angkatan 2018 Ju­rus­an Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Guna­darma kampus Kalimalang. Meto­de pe­­ngambilan sampel menggunakan purposive sampling dan memakai rumus Slovin. Hasil pe­­nelitian penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan citra merek ber­pengaruh pada ke­putusan pembelian produk Dettol hand sanitizer di era pandemi Covid-19, sedangkan per­sep­si harga tidak berpengaruh pada keputusan pembelian produk Dettol hand sanitizer serta kua­litas produk, persepsi harga, dan citra merek berpengaruh pada keputusan pembelian pro­duk Dettol hand sanitizer di era pandemi Covid-19.


Keywords


Citra Merek, Keputusan Pembelian, Kualitas Produk dan Persepsi Harga

Full Text:

PDF

References


Amstrong, Kotler (2015), “Marketing an Introducing Pretiece Hall twelfth edition”,England : Pearson Education, Inc

Campbell, Cockril dan Goode. (2010). The Strategy and Tactics of Pricing. New

Edisi Kedua. Jakarta: Mitra Wacana Media. England. Pearson Education Limited.

Fatmawati, N., & Soliha, E. (2017). Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Matic “Honda.” Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan | Journal of Theory and Applied Management, 10(1), 1.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Hartini.(Eds).(2021). Manajemen Pemasaran (Dasar&Konsep).Bandung:CV.Media Sains Indonesia

Isnawati, Y. (2013). Analisis Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga, dan Persepsi Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen produk ATBM Pekalongan). Diponegoro Journal of Management, 2, 1-9.

Kotler, Amstrong. (2016). Principles of Marketing Sixteenth Edition Global Edition.

Lee, S., Illia, A. and Lawson-Body, A., (2011). Perceived price fairness of dynamic pricing. Industrial Management & Data Systems, 111(4).

Ramli, Samsul. (2013). Word of Mouth Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sopiah dan Sangadji, E.M. (2013). Prilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai:Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Supranto & Limakrisna, N. (2011). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran.

Sutopo & Hidayat. (2016). Analisis pengaruh persepsi harga dan promosi terhadap Keputusan pembelian konsumen. Universitas Diponegoro Journal Of Management. Vol. 5, ISSN (Online) : 2337-3792 Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Maskapai Penerbangan Tiger Air Mandala. E-Journal WIDYA Ekonomika, 1(2015), 64-74. York: Kogan

Sutrisno, T. F. C. W., Gosal, G. G., & Hernandes, S. F. (2020). The Role of Product Quality and Price Perception in affecting Purchase Decision (Study on Milkmo Product). Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis, 18(3), 95.

Wulandari, O. Y., Nurhajati, & Ridwan Basalamah, M. (2021). e-Jurnal riset manajemen prodi manajemen pengaruh citra merek dan persepsi kualitas produk terhadap keputusan pembelian hand sanitizer dettol pada masa pandemi covid-19 (studi kasus pada mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis universitas Islam). 19, 14-26.




DOI: https://doi.org/10.38076/ideijeb.v3i2.137

Article Metrics

Abstract view : 233 times
PDF - 56 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.