ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT WISATAWAN BERKUNJUNG KE OBJEK WISATA BAHARI PULAU GILI LABAK KABUPATEN SUMENEP

Melkianus Teddison Bulan(1*), Ahmad Fawahid(2),

(1) Politeknik Pertanian Negeri Kupang
(2) Universitas Dr. Soetomo, Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


This research aimed to analyze the factors that influenced tourists' interest in visiting the marine tourist attraction Gili Labak Island, Sumenep district. The type of research used in this research was quantitative. The population involved in this re­search was tourists who had visited the marine tourist attraction Gili Labak Island, Sumenep district, at least once, using purposive sampling, so the total sample required was 100 respondents. The data analysis used was multiple linear regression. The fin­dings showed that the promotion, tourist attrac­tion, and tourism motivation variables had a positive and significant effect on tourist’ interest in visiting, while the service quality variable had a negative and significant effect on tourists' interest in visiting the marine tourism area of Giri Labak Island, Sumenep district. The implications of this research provided direction for the management of marine tourism, object­­ed Gili Labak Isl­and, and Sumenep district, to continue to pay attention to service quality as an in­dica­tor that is given more attention than other factors so that service quality could inc­rease tourist interest in visiting.

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi mi­nat wisatawan berkunjung ke objek wisata bahari pulau Gili Labak kabupaten Su­me­nep. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah para wisatawan yang pernah mengunjungi ke objek wisata bahari pulau Gili Labak kabupaten Sumenep minimal satu kali dengan pengambilan sampel purpo­sive sampling, sehingga total sampel yang dibutuhkan ada­lah 100 responden. Analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil temuan menunjukkan bahwa variabel promosi, daya tarik wisata, dan motivasi wisata berpengaruh positif dan signifikan pada minat wisatawan berkunjung, sedangkan va­ri­abel kualitas pelayanan berpengaruh negatif dan signi­­­fikan pada ke wi­sa­ta minat wisatawan berkunjung bahari pulau Giri Labak kabupaten Sumenep. Implikasi pe­ne­li­ti­an ini mem­be­ri­kan arahan bagi manajemen objek wisata bahari pulau Gili Labak ka­bupaten Sumenep untuk terus memperhatikan kualitas pelayanan sebagai indikator yang lebih banyak diperhatikan dibandingkan dengan faktor lain, sehingga kualitas pelayanan dapat me­ningkatkan minat wisatawan berkunjung.


Keywords


Promosi, kualitas pelayanan, daya tarik wisata, motivasi, minat wisatawan berkunjung

Full Text:

PDF

References


Alma, B. (2020). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Astari, N. W., & Herlambang P. G. D. (2019). Pengaruh kepercayaan dan kualitas pelayanan terhadap minat kunjungan wisatawan pada hotel Dante di kabupaten Gianyar. Jurnal Manajemen dan Bisnis Equilibrium, 5(1), 72–79. DOI:10.47329/jurnalmbe.v5i1.327

Bulan, M. T., & Sukesi, S. (2020). Analysis of the effect of service quality, price, and perceptions of risk online shopping against purchase interest in e-commerce customers PT. Matahari Department Store Tbk Kupang branch. Ekspektra: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 4(1), 45–64. DOI: https://doi.org/10.25139/ekt.v4i1. 2657

Danang, S. (2013). Metodiologi penelitan akuntansi. Bandung: PT Refika Aditama.

Effendi, Z. R., Sentosa, E., & Nursina, N. (2022). Pengaruh citra merek, kualitas produk, dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen pada Seikou Coffee Depok. Jurnal Ekonomika, 5(1), 31–38.

Ferdinand, A. (2014). Metode penelitian manajemen. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.

Jannah L. J., & Idajati H. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi integrasi pengembangan kawasan wisata di pulau segitiga emas kabupaten Sumenep. Jurnal Teknik ITS, 7(2), 131–136. DOI: http://dx.doi.org/10. 2962/j23373539.v7i2.34719

Junaida, E. (2019). Pengaruh daya tarik wisata dan word of mouth terhadap keputusan wisata berkunjung ke taman hutan kota di kota Langsa. Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis, 10(2), 144–55. DOI: https://doi.org/10.33059/jseb.v10i2.1317

Kotler, P., & Keller, K. L. (2022). Manajemen pemasaran jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Malau, H. (2017). Manajemen pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Muksin, D. R. M. (2018). Pengaruh motivasi terhadap keputusan berkunjung wisatawan di ekowisata mangrove Wonorejo Surabaya. Skripsi. Universitas Brawijaya, Malang.

Nuraeni, B. S. (2014). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat kunjung ulang wisatawan museum Ranggawarsita Semarang. Jurnal Bisnis Strategi, 23(1), 1–20. DOI: https://doi.org/10.14710/jbs.23.1.1-20

Portal, M. (2017). Wabup Sumenep janji fasilitasi wisata Gili Labak dilengkapi. Diakses 14 Februari 2020 dari https://portalmadura.com/wabup-sumenep-janji-fasilitas-wisata-gili-labak-dilengka pi-83827/

Pradnyana, I. G. N. B., Arwana I. K., & Tamba, I. M. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi kunjungan wisatawan di taman hutan raya Ngurah Rai. Jurnal Agrimeta, 5(10), 42–48.

Prasodjo, T. (2017). Pengembangan pariwisata budaya dalam perspektif pelayanan publik. Jurnal Office, 3(1), 1–6. DOI: https://doi.org/10.26858/jo.v3i1.3448

Prastiyo, E., Sulistyowati, L., Fauzi, R. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat berkunjung kembali wisatawan pada wisata air terjun Krecekan Denu. Disajikan dalam Seminar Inovasi Manajemen Bisnis dan Akuntansi 4. Universitas PGRI Madiun, Jawa Timur.

Putra, I. G. N., Sudiarta, I. N., & Mananda, I. G. P. B. S. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan terhadap niat berkunjung kembali wisatawan mancanegara ke daya tarik wisata Alas Pala Sangeh. Jurnal IPTA, 4(2), 1–6.

Putri, S. W., Radjab R., Pidada I. A. Y. S. D. U. P., & Herman. (2022). Pengaruh motivasi wisatawan domestik terhadap minat kunjung ke Kuta Mandalika. Jornal of Mandalika Review, 1(1), 29–38. DOI: https://doi.org/10.55701/mandalika.v1i1.6

Ramadhani, S. A., Setiawan, H., & Rini, R. (2021). Analisis pengaruh atraksi wisata, dan ancillary service terhadap minat kunjung ulang pada objek wisata bukit Siguntang. Jurnal Terapan Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Bisnis, 1(3), 124–133. DOI: https://doi.org/10.5281/jtiemb.v1i3.2431

Salim, M. N. M., Mulyani, I. D., & Khojin, N. (2022). Pengaruh daya tarik wisata terhadap minat berkunjung pada wisata hutan Mangrove Kaliwlingi Brebes. Gemilang: Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 2(4), 113–126. DOI: https://doi.org/10.56910/gemilang.v2i4.156

Sari, I. (2018). Motivasi belajar mahasiswa program studi manajemen dalam penguasaan keterampilan berbicara (speaking) bahasa Inggris. Jurnal Manajemen Tools, 9(1), 41–52.

Sintyawati, N. P. A., Wijaya, P. Y., & Wulandari, N. L. A. A. (2022). Pengaruh strategi promosi dan fasilitas pariwisata terhadap minat berkunjung wisatawan. Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata, 2(3), 760–766.

Sudaryono, H. (2020). Buku ajar manajemen pemasaran. Jawa Timur: CV Pustaka Abadi.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: CV Alfabeta.

Sukarso, A., & Kadarisman, E. (2020). Analisis faktor-faktor penentu permintaan pada objek wisata Situ Lengkong di kabupaten Ciamis tahun 2019. WELFARE: Jurnal Ilmu Ekonomi, 1(1), 1–10. DOI: https://doi.org/10.37058/wlfr.v1i1.1460

Susanto A. A., & Rahayu T. S. M. (2017). Pengaruh kualitas layanan, harga, promosi terhadap kepuasan wisatawan dan minat kunjungan kembali. Jurnal Media Ekonomi, 17(2), 102–109. DOI: http://dx.doi.org/ 10.30595/medek.v17i2.2142

Tanaya, G. J. (2020). Pengaruh motivasi wisata dan citra destinasi terhadap keputusan berkunjung di Museum Angkut Batu. Skripsi, Universitas Islam Malang, Malang.

Tanjung, A., Bintarti, S., & Nurpatria, E. (2022). Pengaruh daya tarik wisata, fasilitas, dan electronic word of mouth terhadap minat kunjung pada Situ Rawa Gede. Jurnal Ikraith-Ekonomika, 5(2), 146–156.

Ulfitroh, N. (2023). Strategi pemasaran dan harga dalam upaya peningkatan efektivitas penjulan sensor AC di CV Fassa Group Bandung. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2016–2023.

Utama, I. G. B. R. (2017). Pemasaran pariwisata. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Widayat, W., & Purwanto, H. (2020). Analisis pengaruh kualitas pelayanan, harga, keberagaman produk, suasana toko dan lokasi terhadap minat beli konsumen (Studi pada pasar tradisional Wonosobo). Journal of Economic, Business and Engineering, 2(1), 123–132. DOI: 10.32500/jebe.v2i1.1458

Widjianto, T. (2019). Pengaruh daya tarik wisata, citra wisata, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap minat berkunjung kembali wisatawan di objek wisata Ketep Pass. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Wiratini M., N. Y. A., Setiawina, N. D., & Yuliarmi, N. N. (2018). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi niat kunjungan kembali wisatawan pada daya tarik wisata di kabupaten Badung. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 7(1), 279–308. DOI: https://doi.org/10.248 43/EEB.2018.v07.i01.p10




DOI: https://doi.org/10.38076/ideijeb.v5i1.224

Article Metrics

Abstract view : 177 times
PDF - 68 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.