PENGARUH TEMPAT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KAIN TENUN IKAT SIKKA

Nur Chotimah(1*), Yosefa Veronika Ansila(2), Muhammad Syarun(3),

(1) Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Maumere
(2) Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Maumere
(3) Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Maumere
(*) Corresponding Author

Abstract


Tenun ikat is a traditional woven fabric native to East Nusa Tenggara. Tenun ikat is made from the weaving process by the hands of the Sikka people themselves. In the modern era,  the  charm  of  Tenun  Ikat  Sikka  has  not  been  eroded  by  time  because  it  is  still  being produced until now. This study aimed to find the influence on purchase decisions for Tenun Ikat Sikka in 2021. The population of this research was all consumers who had purchased Tenun Ikat Sikka. The sample in this study found 96 people. The sampling technique used was a random sampling technique with random sampling. This study used quantitative research methods. All valid statements were reliable, normal, linear, and non-heteroscedastic. Based on research that had been tested, it proved that there was a positive and significant effect on the place variable on the purchasing decision of Tenun Ikat Sikka.

 

Tenun  ikat  merupakan kain  tenun  tradisional  asli  Nusa  Tenggara Timur.  Kain  tenun ikat  dibuat  dari  proses  menenun  oleh  tangan  masyarakat  Sikka  sendiri.  Di  era  moderen sekarang pesona Kain Tenun Ikat Sikka tak tergerus zaman lantaran masih produksi hingga kini.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk  menemukan  pengaruh  Tempat  terhadap  Keputusan Pembelian Kain Tenun Ikat Sikka pada tahun 2021. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen  yang  pernah  membeli  Kain  Tenun  Ikat  Sikka.  Sampel  dalam  penelitian  ini berjumlah  96  orang.  Teknik  sampling  yang  digunakan  adalah  teknik  random  sampling dengan  istilah  pengambilan  sampel  secara  acak.  Penelitian  ini  menggunakan  metode penelitian  kuantitatif.  Semua  pernyataan  valid  reliabel,  normal,  linear  dan  non  heteros- kedastisitas.  Berdasarkan  hasil penelitian  yang telah  teruji menunjukkan  terdapat pengaruh positif dan signifikan varibel Tempat terhadap Keputusan Pembelian  Kain Tenun Ikat Sikka.


Keywords


Place, purchase decision, Tenun Ikat Sikka (Tempat, keputusan pembelian, Kain Tenun Ikat Sikka)

Full Text:

PDF

References


Afrina, M. (2017). Analisa pengaruh produk, lokasi dan promosi terhadap keputusan pembelian nasabah Bank Syariah Bukopin. Diakses dari http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/1234 56789/41008

Andika, A., & Susanti, F. (2016). Pengaruh marketing mix terhadap keputusan pembelian parfum di Azzwars Parfum Lubeg Padang. Diakses dari 10.31227/osf.io/upgc3

Balawera, A. (2013). Green marketing dan corporate social responsibility pengaruhnya terhadap keputusan pembelian konsumen melalui minat membeli produk organik di Freshmart kota Manado. Jurnal EMBA, 1(4), 2117–2129

Fauji, R., & Faddila, S. P. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan dan lokasi terhadap keputusan pembelian pada Johar Futsal Karawang. KREATIF: Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 5(2), 35–65. https://doi.org/ 10.36805/manajemen.v5i2.1029

Garatu, T. (2013). Pengaruh pelayanan, harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian pada Toko Ramayana Motor Poso Sulawesi Tengah. Jurnal Ilmiah EKOMEN, 13(1), 27–41.

Ghanimata, F., & Kamal, M. (2012). Analisis pengaruh harga, kualitas produk, dan lokasi terhadap keputusan pembelian (Studi pada pembeli produk Bandeng Juwana Elrina Semarang), Diponegoro Journal of Management, 1(4), 13–22.

Maharani, N. (2015). Proses pengambilan keputusan pembelian konsumen terhadap produk Iphone di Bandung. Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa), 12(1), 59–75. https://doi.org/10.29313/ performa.v0i1.3043

Wariki M. G., Mananeke, L., & Tawas, H. (2015). The effect of the promotional mix, price perception and location of the purchasing decision and customer satisfaction on Tamansari Metropolitan Housing Manado. Jurnal EMBA, 3(2), 1073–1085.

Mundir (2015). Analisis pengaruh harga, lokasi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian (Studi kasus pada Toko Mitra Nelayan Tanara Serang Banten). Diakses dari http://repository. uinjkt.ac.id/dspace/ handle/123456789/33169

Noviyanti, I. (2018). Pengaruh kualitas produkdan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada CV Usaha Mandiri Jakarta Selatan. Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma, 1(2), 21–32. http://dx.doi.org/ 10.32493/frkm.v1i2.2538

Octaviani, L. K., & Komalasari, A. S. (2020). Kain tenun ikat sebagai wisata budaya Kabupaten Sikka. Kepariwisataan: Jurnal Ilmiah, 14(3), 151–159.

Larosa, S. R., & Sugiarto, Y. (2011). Analisis pengaruh harga, kualitas produk, dan lokasi terhadap keputusan pembelian (Studi kasus pada warung-warung makan di sekitar Simpang Lima Semarang). Diakses dari https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5527

Sina, I. Y. N., & Tefa, G. (2019). Kinerja aparatur Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah dalam pelestarian tenun ikat di Kabupaten Sikka Provinsi Nusa Tenggara Timur. Jurnal MSDA, 7, (1), 1–15.

Sukotjo, H., & Sumanto, R. A. (2010). Analisa marketing mix-7P (Produk, price, promotion, place, partisipant process, dan physical evidence) terhadap keputusan pembelian produk Klinik Kecantikan Teta di Surabaya. Jurnal Mitra Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 1 (2), 216–228

Tendean, M. R., Mananeke, L., & Ferdy, R. (2020). Pengaruh viral marketing, store location dan food quality terhadap keputusan pembelian di Mcdonald’s Manado. Jurnal EMBA, 8(1), 146–155.




DOI: https://doi.org/10.38076/ideijeb.v2i2.95

Article Metrics

Abstract view : 451 times
PDF - 123 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.